Langsung ke konten utama

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT SIM PELAYANAN IGD

TUGAS
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT
SIM PELAYANAN IGD

Hasil gambar untuk logo stikes hangtuah pekanbaru


Oleh:
GUSNI KHAIDIR
NIM 1605026

Dosen:
Dr. dr. H. BOY S. SABARGUNA, MARS



PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KESEHATAN MASYARAKAT
PEMINATAN ADMINISTRASI RUMAH SAKIT
STIKes HANG TUAH PEKANBARU
2017
  KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapakan kehadirat Allah SWT, yang mana dengan rahmat dan hidayah-Nya lah penulis dapat menyelesaikan tugas ini.
Ucapan terima kasih juga tidak lupa penulis ucapkan kepada Dosen Pengampu mata kuliah SIMRS, yaitu Dr. dr. H. BOY S. SABARGUNA, MARS. yang telah banyak memberikan pembelajaran kepada kami. Tugas yang penulis buat ini sebagai salah satu tugas yang telah diberikan oleh dosen pengampu untuk memenuhi suatu perkuliahan.
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang ada dalam penulisan ini, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari rekan – rekan sekalian yang bersifat membangaun. Dan penulis berharap agar tugas ini dapat digunakan sebagai mana mestinya.



                                                                                         Pekanbaru, 10 Juni 2017



                                                                                                       Penulis

          DAFTAR ISI
                                                                                                                   


                                                                                             Halaman
KATA PENGANTAR .............................................................................             
DAFTAR ISI..............................................................................................           

BAB I      PENDAHULUAN.....................................................................           
A.       Latar belakang......................................................................          
B.       Rumusan Masalah ………………………………………...          
C.       Tujuan dan Manfaat ………………………………………           

BAB II    TINJAUAN PUSTAKA ..........................................................             
A.       Rumah Sakit.........................................................................           
B.       IGD......................................................................................            
1.      Jenis dan pelayanan emergency ...................................            
2.      Pelayanan ambulans IGD 24 jam..................................            
3.      Kriteria pasien yang di tangani.....................................             
4.      Ruang Lingkup IGD.....................................................             
5.      Penatalaksanaan Pasien.................................................             
6.      Initial Assesment...........................................................                
7.      Primary Survei...............................................................            

BAB III   HASIL DAN PEMBAHASAN................................................               
A.    Profil Rsumah Sakit.............................................................             
B.     Pembahasan ........................................................................             
BAB IV   KESIMPULAN ........................................................................               
A.       Kesimpulan...........................................................................             
B.        Saran.....................................................................................             

DAFTAR PUSTAKA

 DAFTAR TABEL 
Table 3.1. Kegiatan Laboratorium Menurut Jenis Pemeriksaan Tahun 2016              
Tabel 3.2. Tabel Analisis Kebutuhan Pengembangan Sistem......................               

                                                                           
                                                                            BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
                     Pelayanan kesehatan masyarakat di Republik Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan layanan ini disebabkan adanya keberpihakan dan perhatian pemerintah terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat sebagai salah satu komitmen pembangunan kualitas masyarakat di Indonesia. Sejalan dengan peningkatan kualitas kesehatan, pemerintah telah mencanangkan program “Indonesia Sehat 2010” Program ini disertai dengan berbagai upaya yang sinergis oleh Departemen Kesehatan RI, misalnya peningkatan kompetensi dokter, penyediaan obat murah, pencanangan apotik rakyat, dan lain sebagainya. Penanganan kondisi seperti ini memerlukan kecepatan dan keakuratan data agar agar solusi yang diberikan benar-benar tepat dan efektif. Solusi yang tepat dan efektif hanya dapat dihasilkan oleh sistem informasi.
                     Disisi lain, kehadiran dan kecepatan perkembangan teknologiinformasi (Technology Information) telah menyebabkan terjadinya proses perubahan didalam segala aspek kehidupan. Kehadiran teknologi informasi turut berperan dalam layanan kesehatan dari Rumah sakit, klinik, apotik dan lain sebagainya dengan kecepatan dan keakuratan terhadap pengolahan data sehingga memudahkan dalam mengambil keputusan penting. Menurut surat Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 159b/Menkes/Per/II/1988 tentang Rumah sakit, pelayanan kesehatan di rumah sakit berupa pelayanan rawat jalan, pelayanan rawat inap dan pelayanan gawat darurat yang mencakup pelayan medik dan pelayanan penunjang medik.
                      Instalasi Gawat Darurat yang merupakan suatu bentuk penanganan kegawatdaruratan memiliki berbagai macam kegiatan. Menurut Flynn (1962) dalam Azrul (1997) kegiatan IGD secara umum dapat dibedakan sebagai berikut: Menyelenggarakan pelayanan gawat darurat; Pelayanan gawat darurat yang sebenarnya bertujuan untuk menyelamatkan kehidupan penderita (live saving) untuk memperoleh pelayanan pertolongan pertama (first aid) dan bahkan pelayanan rawat jalan (ambulatory care), Menyelenggarakan pelayanan penyaringan untuk kasus-kasus yang membutuhkan pelayanan rawat inap intensif; Kegiatan kedua yang menjadi tanggung jawab IGD adalah Menyelenggarakan pelayanan penyaringan untuk kasus-kasus yang membutuhkan pelayanan intensif. Pada dasarnya pelayanan ini merupakan lanjutan dari pelayanan gawat darurat, yakni dengan merujuk kasus-kasus gawat darurat yang dinilai berat untuk memperoleh pelayanan rawat inap intensif dan Menyelenggarakan pelayanan informasi medis darurat; Kegiatan ketiga yang menjadi tanggung jawab UGD adalah menyelenggarakan informasi medis darurat dalam bentuk menampung serta menjawab semua pertanyaan anggota masyarakat yang ada hubungannya dengan keadaan medis darurat (emergency medical questions).
                          Sebagai suatu institusi yang membutuhkan pengelolaan informasi rawat jalan yang baik, Rumah sakit Prof. DR. Tabrani memiliki dua unit kerja yang saling berkaitan diantaranya; Instalasi gawat darurat (IGD) dalam hal ini sangat konsisten dalam memberikan pelayanan kesehatan rawat jalan kepada masyarakat dan Unit informasi sebagai penunjang pengolahan data. Pemberian pelayanan utama dilakukan oleh Instalasi gawat darurat (IGD) untuk memperoleh informasi diagnosa Dengan meningkatkan mutu pelayanan terhadap pasien sehingga mampu memberikan kemudahan terhadap pengambilan keputusan untuk pihak manajemen dalam memperoleh informasi-informasi dan mendapatkan laporan yang diperlukan kepada pasien.

B.     RUMUSAN MASALAH
                        Rumah sakir Sakit Prof. DR. Tabrani yang merupakan salah satu badan pelayanan publik yang menyediakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, namun tidak dapat dipungkiri bila pelayanan kesehatan yang disediakan oleh sector publik masih banyak kendala dan hambatan terutama hal kualitas pelayanan. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah pada pembahasan  ini adalah tata laksana sistem informasi manajemen pelayanan iInstalasi Gawat Darurat (IGD) di Rumah Prof. DR. Tabrani.

C.    TUJUAN
1.        Diketahuinya tata laksana sistem informasi pelayanan Instalasi Gawat Darurat di Rumah Sakit Prof. Dr. Tabrani pekanbaru.
2.        Diketahuinya tata laksana prosedur pelayanan Istalasi Gawat Darurat di Rumah Sakit Prof. Dr. Tabrani pekanbaru.
3.        Diketahuinya tata laksana sistem rujukan Instalasi Gawat Darurat di Rumah Sakit Prof. Dr. Tabrani pekanbaru

D.    MANFAAT
1.      Bagi rumah sakit
Sebagai bahan masukan untuk melakukan perubahan dari sisi sanitasi rumah sakit untuk meciptakan kesehatan lingkungan rumah sakit yang maksimal dan sesuai peraturan perundang-undangan.
2.      Bagi Institusi Pendidikan
Sebagai bahan masukan kepada institusi pendidikan dan sebagai bahan bacaan atau referensi untuk penelitian dan pembuatan makalah selanjutnya bagi institusi pendidikan yang memerlukan.
3.      Bagi Peneliti
Menambah ilmu pengetahuan, keterampilan dan memperdalam pemikiran   serta memproleh pengalaman yang berharga secara langsung dari Rumah Sakit dengan menerapkan teori yang diperoleh dari Institusi Pendidikan dan sebagai referensi penelitian dan pembuatan makalah  berikutnya.


BAB II
TINJAUAN KEPUSTAKAAN

A.    RUMAH SAKIT
Undang-undang kesehatan No. 36 tahun 2009 pasal 54 ayat 1 dikatakan bahwa penyelenggaraan pelayanan kesehatan dilaksanakan secara bertanggung jawab, aman, bermutu, serta merata dan nodiskriminatif. Artinya pelayanan kesehatan harus bermutu dan berkualitas serta, harus menyentuh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.
Pelayanan kesehatan adalah setiap upaya yang diselenggarakan secara  sendiri atau bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit, serta memulihkan kesehatan perorangan, keluarga, kelompok, maupun masyarakat (Sondakh dkk, 2013). Ruang lingkup pembangunan kesehatan selain upaya promotif dan preventif, didalamya juga terdapat prmbangunan kesehatan bersifat kuratif dan rehabilitatif. Rumah sakit merupakan pelayanan kesehatan  pada masyarakat yang bergerak  dalam kegiatan kuratif dan rehabilitatif, dengan tujuan memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu tinggi dimata pasien dan keluarga pasien.
Mutu pelayanan kesehatan adalah kesesuaian pelayanan kesehatan dengan standar profesi dengan memanfaatkan sumber daya yang ada secara baik, sehingga semua kebutuhan pelanggan dan tujuan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal dapat tercapai (Bustami, 2011).
Pelayanan kesehatan di rumah sakit mengarah pada upaya penyembuhan (kuratif), pemulihan (rehabilitatif) yang dilaksanakan terpadu dengan upaya peningkatan (promotif) dan pencegahan (preventif). Sedangkan sasaran pelayanan bukan hanya individu pasien saja, namun dikembangkan mencakup keluarga pasien serta masyarakat. Dengan demikian pelayanan kesehatan di rumah sakit merupakan pelayanan kesehatan paripurna.
Undang-Undang no. 44 tahun 2009 tentang rumah sakit, rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat.
Rumah sakit adalah bagian dari integral dari keseluruhan sistem kesehatan yang dikembangkan melalui rencana pembangunan kesehatan. Sehingga pembangunan rumah sakit tidak lepas dari pembangunan kesehatan, yakni harus sesuai dengan garis-garis besar haluan negara, sistem Kesehatan Nasional dan repelita dibidang kesehatan serta peraturan perundang –undangan (Alamsyah, 2011).
Administrasi dan manajemen terdiri dari struktur organisasi dan tata laksana.  Struktur organisasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling sedikit terdiri atas Kepala Rumah Sakit atau Direktur Rumah Sakit, unsur pelayanan medis, unsur keperawatan, unsur penunjang medis, komite medis, satuan pemeriksaan internal, serta administrasi umum dan keuangan. Tata laksana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi tatalaksana organisasi, standar pelayanan, standar operasional prosedur (SPO), Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dan hospital by laws dan Medical Staff by laws (Pasal 17), Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia  Nomor 340/MENKES/PER/III/2010 Tentang Klasifikasi Rumah Sakit.

B.     INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD)
Instalasi Gawat Darurat (IGD) adalah suatu unit integral dalam satu rumah sakitdimana semua pengalaman pasien yang pernah datang ke IGD tersebut akan dapat menjadipengaruh   yang   besar   bagi   masyarakat   tentang   bagaimana   gambaran   Rumah   Sakit   itusebenarnya. Fungsinya adalah untuk menerima, menstabilkan dan mengatur pasien yang menunjukkan gejala yang bervariasi dan gawat serta juga kondisi-kondisi yang sifatnya tidakgawat. IGD adalah salah satu unit di rumah sakit yang harus dapat memberikan pelayanan darurat kepada masyarakat yang menderita penyakit akut dan mengalami kecelakaan, sesuaidengan standar. Untuk menuju pelayanan yang memuaskan dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai, meliputi ruangan, alat kesehatan utama, alat diagnostik dan alat penunjang diagnostik serta alat kesehatan untuk suatu tindakan medik. Disamping itu juga tidak kalah pentingnya sumber daya manusia yang memenuhi syarat, baik kuantitas maupun kualitas. Petugas yang mempunyai pengetahuan yang tinggi, keterampilan yang andal dan tingkah laku yang baik.
Gawat darurat adalah suatu keadaan yang mana penderita memerlukan pemeriksaan medis segera, apabila tidak dilakukan akan berakibat fatal bagi penderita. Instalasi Gawat Darurat (IGD) adalah salah satu unit di rumah sakit yang harus dapat memberikan playanan darurat kepada masyarakat yang menderita penyakit akut dan mengalami kecelakaan, sesuai dengan standar.
Upaya pertolongan terhadap penderita gawat darurat harus dipandang sebagai satu system yang terpadu dan tidak terpecah-pecah. Sistem mengandung pengertian adanya komponen-komponen yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi, mempunyai sasaran (output) serta dampak yang diinginkan (outcome). Sistem yang bagus juga harus dapat diukur dengan melalui proses evaluasi atau umpan balik yang berkelanjutan.


Pelayanan   yaitu   pelayanan   keramahan   petugas   rumah   sakit,   kecepatan   dalam pelayanan.   Rumah   sakit   dianggap   baik   apabila   dalam   memberikan   pelayanan   lebih memperhatikan  kebutuhan  pasien   maupun   orang  lain   yang   berkunjung   di   rumah   sakit.Kepuasan muncul dari kesan pertama pasien masuk terhadap pelayanan keperawatan yangdiberikan. Misalnya : pelayanan yang cepat, tanggap dan keramahan dalam memberikanpelayanan keperawatan.
Standar operasional prosedur dan alur pelayanan :
a.       Pelayanan triase
b.      Ruang resusitasi
c.       Ruang observasi
d.      Pelayanan rekam medik 24 jam
e.       Standar fasilitas medik
f.       Standar tenaga kerja yang kompeten
Pasal 23 Peraturan Menteri Kesehatan  No.159b/1988 : Gawat Darurat harus ada selama   24   jam.   Semua   fasilitas   yang   tersedia   di   IGD   sesuai   dengan   fungsinya   untuk memenuhi kebutuhan akan pelayanan emergency.

1.         Jenis Pelayanan Emergency Yang Paling Sering Dilakukan :
1)      Tindakan penyelamatan jiwa pada pasien henti napas dan henti jantung;
2)      Penanganan pasien sesak napas;
3)      Penanganan serangan jantung/Payah Jantung;
4)      Penanganan pasien tidak sadar;
5)      Penanganan pasien kecelakaan
6)      Penanganan pasien cidera, misalnya: cedera tulang, cidera kepala, dan
lain-ain.
7)      Penanganan pasien dengan pendarahan;
8)      Penanganan kasus Stroke;
9)      Penanganan pasien kejang dan kejang demam pada anak;
10)  Penanganan pasien keracunan;
11)  Penanganan pasien dengan sakit perut hebat;
12)  Penanganan medis korban bencana / disaster
2.      pelayanan 24 jam ambulans gawat darurat
1)      Untuk transportasi pasien dengan Perawat Ambulans sebagai pendamping;
2)      Untuk MEDIVAC (Medical Evacuation),  yaitu transportasi pasien dengan Tim
3)      Medivac (Dokter & Perawat) sebagai pendamping;
4)      Ambulans Stand By.
3.      Fasilitas gawat darurat meliputi
1)      Ruang tunggu
2)      Ventilasi mekanik
3)      Defiblilator
4)      Bedside monitor
5)      Pulse oximetri
6)      Monitor tekanan darah
7)      Elektrokardiografi (EKG)
8)      Peralatan resusitasi
9)      Defibrilator
10)  Bedside Monitor
11)  Pulse oximetry
12)  Monitor Tekanan Darah
13)  Elektrokardiografi (EKG)
14)  Peralatan Resusitasi
15)  Defibrilator
16)  Bedside Monitor
17)  Pulse oximetry
18)  Monitor Tekanan Darah
19)  Elektrokardiografi (EKG)
20)  Peralatan Resusitasi
4.      Ruang lingkup pelayanan Instalasi Gawat Darurat
1)      Pasien dengan kasus True Emergency
Yaitu pasien yang tiba-tiba dalam keadaan gawat darurat dan terancam nyawanya atau anggota badannya bila tidak mendapat pertolongan segera.
2)      Pasien dengan kasus False Emergency
Yaitu pasien dengan :
· Keadaan gawat tetapi tidak memerlukan tindakan darurat.
· Keadaan gawat tetapi tidak mengancam nyawa atau anggota badannya.
· Keadaan tidak gawat dan tidak darurat

5.      Kriteria pasien yang di tangani
Dalam  pelayanan  IGD  tidak  diperbolehkan  untuk  menolak  pasien gawat   darurat karena keluarga pasien tidak sanggup membayar. IGD harus menerima semua pasien dan
menangani sesuai klasifikasi sebagai berikut :
1)      Pasien Gawat Darurat
Pasien yang membutuhkan tindakan medis segera guna penyelamatan nyawa dan pencegahan kecacatan lebih lanjut
2)      Pasien Gawat Tidak Darurat
Pasien   berada   dalam   keadaan   gawat   tetapi   tidak   memerlukan   tindakan   darurat,misalnya kanker stadium empat
3)      Pasien Tidak Gawat Darurat
Pasien yang harus mendapatkan pertolongan segera tapi tidak mengancam nyawa
4)      Pasien tidak gawat tidak darurat
Pasien dengan ulkustropikum
6.      Penatalaksanaan pasien
Setiap   IGD  rumah  sakit   harus   mempunyai   Standar   Operasional   Prosedur  (SOP) mengenai   penatalaksanaan   pasien   di   IGD.   Penanganan   penderita   gawat   darurat   harus mengikuti prinsip dasar yang sudah berlaku umum, yaitu berdasar prioritas A (airway), B (breathing), C  (circulation). Untuk  langkah   berikutnya  yaitu  D-E dan   seterusnya  dapat berlainan sesuai kasus yang dihadapi. Pada penderita gawat darurat, waktu sangat penting karena itu diperlukan adanya suatu cara yang mudah dilaksanakan. Proses ini dikenal sebagai Initial assessment (penilaian awal) lalu kita harus melakukan  primary survey, secondary survey, dan terapi cairan.
7.      Initial Assesment (Penilaian Awal)
1)  Persiapan
a. Fase Pra-Rumah Sakit
· Koordinasi yang baik antara dokter di rumah sakit dan petugas lapangan
· Sebaiknya terdapat pemberitahuan terhadap rumah sakit sebelum penderita mulai diangkut dari tempat kejadian.
· Pengumpulan keterangan yang akan dibutuhkan di rumah sakit seperti waktu kejadian, sebab kejadian, mekanisme kejadian dan riwayat penderita.
b. Fase Rumah Sakit
· Perencanaan sebelum penderita tiba
· Perlengkapan  airway  sudah dipersiapkan, dicoba dan diletakkan di tempat yang mudah dijangkau
· Cairan  kristaloid   yang   sudah  dihangatkan,  disiapkan  dan  diletakkan  pada tempat yang mudah dijangkau.
· Pemberitahuan terhadap tenaga laboratorium dan radiologi apabila sewaktu-waktu  dibutuhkan.
·  Pemakaian alat-alat proteksi dir
2)  Triase
Triase berasal dari bahasa Perancis, trier , yang berarti “menseleksi”, yaitu teknik untuk menentukan prioritas penatalaksanaan pasien atau korban, saat sumber daya terbatas. Perhatian dititik beratkan pada pasien atau korban dengan kondisi medis yang paling urgent dan paling besar kemungkinannya untuk diselamatkan.
TUJUAN: Pada saat IGD penuh dan sumber daya terbatas maka dengan sumber daya yang minimal dapat menyelamatkan korban sebanyak mungkin.
KEBIJAKAN:
1. Memilah korban berdasarkan:
· Beratnya cidera
· Besarnya kemungkinan untuk hidup
· Fasilitas yang ada / kemungkinan keberhasilan tindakan
2. Triase tidak disertai tindakan
3. Triase   dilakukan   tidak   lebih   dari   60   detik/pasien   dan   setiap   pertolongan   harus dilakukan sesegera mungkin.

Dua jenis keadaan triase dapat terjadi :
a.          Multiple Causalties
Musibah   masal   dengan   jumlah   penderita   dan   beratnya   perlukaan   tidak melampui  kemampuan  rumah  sakit. Dalam  keadaan  ini  penderita  dengan masalah yang mengancam jiwa dan multi trauma akan dilayani lebih dahulu.
b.         Mass Casualties
Musibah masal dengan jumlah penderita dan beratnya luka melampui rumah sakit. Dalam keadaan ini yang akan dilayani terlebih dahulu adalah penderita dengan   kemungkinan  survival  yang   terbesar,   serta   membutuhkan   waktu, perlengkapan dan tenaga paling sedikit.

8.      Primary Survey (ABCDE)
Penilaian keadaan penderita dan prioritas terapi berdasarkan jenis perlukaan, tanda- tanda vital dan mekanisme trauma. Tanda vital penderita harus dinilai secara cepat dan  efisien. Tujuan : untuk mengetahui kondisi pasien yang mengancam jiwa dan kemudian  dilakukan tindakan life saving.
1.         Airway (jalan nafas)
· Pemeriksaan Jalan Napas
L =  Look/Lihat gerakan nafas atau pengembangan dada, adanya retraksi sela iga, warna mukosa/kulit dan kesadaran
L = Listen/Dengar aliran udara pernafasan
F = Feel/Rasakan adanya aliran udara pernafasan
· Pengelolaan Jalan Nafas
a. Pengertian  :  tindakan  yang  dilakukan   untuk membebaskan   jalan  napas  dengan  tetap memperhatikan kontrol servikal.
b. Tujuan : membebaskan jalan napas untuk menjamin jalan masuknya udara ke paru secara normal sehingga menjamin kecukupan oksigenasi tubuh.

c. Pengelolaan jalan nafas tanpa alat :
1)  Membuka jalan nafas dengan proteksi servikal
·      Chin Lift
Dilakukan   dengan   maksud   mengangkat   otot   pangkal   lidah   ke   depan.
Caranya : gunakan jari tengah dan telunjuk untuk memegang tulang dagu
pasien kemudian angkat.
·      Head Tilt
Dilakukan bila jalan nafas tertutup oleh lidah pasien. Caranya : letakkan
satu telapak tangan di dahi pasien dan tekan ke bawah sehingga kepala
menjadi tengadah dan penyangga leher tegang dan lidah pun terangkat ke
depan.
·      Jaw thrust
Caranya : dorong sudut rahang kiri dan kanan ke arah depan sehingga
barisan gigi bawah berada di depan barisan gigi atas.
Untuk memeriksa jalan nafas terutama di daerah mulut, dapat dilakukan teknik Cross Finger  yaitu dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk yang disilangkan dan menekan gigi atas dan bawah. Bila jalan nafas tersumbat karena adanya benda asing dalam rongga mulut dilakukan pembersihan manual dengan sapuan jari.
 Kegagalan membuka nafas dengan cara ini perlu dipikirkan hal lain yaitu adanya sumbatan jalan nafas di daerah faring atau adanya henti nafas (apnea). Bila hal ini terjadi pada penderita tidak sadar, lakukan peniupan udara melalui mulut, bila dada tidak mengembang, maka kemungkinan ada sumbatan pada jalan nafas dan dilakukan maneuver Heimlich.

ii. Membersihkan jalan nafas
a.       Sapuan jari (finger sweep)
Dilakukan bila jalan nafas tersumbat karena adanya benda asing pada rongga mulut   belakang   atau  hipofaring   seperti   gumpalan   darah,  muntahan,  benda  asing lainnya sehingga hembusan nafas hilang.
Cara melakukannya :
· Miringkan   kepala   pasien   (kecuali   pada   dugaan   fraktur   tulang   leher) kemudian buka mulut dengan jaw thrust dan tekan dagu ke bawah bila otot
b.      rahang lemas.
· Gunakan 2 jari (jari telunjuk dan jari tengah) yang bersih atau dibungkus
dengan   sarung   tangan/kassa/kain   untuk   membersihkan   rongga   mulut dengan gerakan menyapu.

iii. Mengatasi sumbatan nafas parsial
Dapat digunakan teknik manual thrust :
· Abdominal Thrust
Caranya : penolong harus berdiri di belakang korban, lingkari pinggang korban dengan kedua lengan penolong, kemudian kepalkan satu tangan dan letakkan sisi jempol tangan kepalan pada perut korban, sedikit di atas pusar dan di bawah   ujung   tulang   sternum.   Pegang   erat   kepalan   tangan   dengan   tangan lainnya. Tekan kepalan tangan ke perut dengan hentakan yang cepat ke atas. Setiap hentakan harus terpisah dan gerakan yang jelas.
·         Chest Trush
Bila penderita sadar, lakukan chest thrust 5 kali (tekan tulang dada dengan jari telunjuk atau jari tengah kira-kira satu jari di bawah garis imajinasi antara kedua putting susu pasien). Bila penderita tidak sadar, tidurkan terlentang, lakukan chest thrust, tarik lidah apakah ada benda asing, beri nafas buatan.

· Back Blow
Bila penderita sadar dapat batuk keras, observasi ketat. Bila nafas tidak efektif atau berhenti, lakukan back blow 5 kali (hentakan keras pada punggung korban di titik silang garis antar belikat dengan tulang punggung/vertebrae).
d. Pengelolaan dengan alat
Cara ini dilakukan  bila pengelolaan jalan nafas tanpa alat tidak berhasil dengan sempurna dan fasilitas tersedia.
Peralatan dapat berupa :
a. Pemasangan Pipa (tube)
· Dipasang jalan nafas buatan dengan pipa, bisa berupa pipa orofaring (mayo), pipa nasofaring atau pipa endotrakea tergantung kondisi korban.
· Penggunaan  pipa  orofaring  dapat  digunakan  untuk mempertahankan   jalan nafas tetap terbuka dan menahan pangkal lidah agar tidak jatuh ke belakang yang dapat menutup jalan nafas terutama bagi penderita tidak sadar.
· Pemasangan   pipa   endotrakea   akan   menjamin   jalan   nafas   tetap   terbuka, menghindari aspirasi dan memudahkan tindakan bantuan pernafasan.

2.         Breathing (Pernafasan)
Memperbaiki   fungsi   ventilasi   dengan   cara   memberikan   pernafasan   bantuan   untuk menjamin kebutuhan oksigen dan pengeluaran gas karbon dioksida.
Tujuan : menjamin pertukaran udara di paru-paru secara normal.
Tindakan :
· Tanpa alat : memberikan pernafasan buatan dari mulut ke mulut atau dari
mulut ke hidung sebanyak 2 kali tiupan awal dan diselingi ekshalasi.
· Dengan alat : memberikan pernafasan buatan dengan alat “AMBU bag”
yang   dapat   pula   ditambahkan   oksigen.   Dapat   juga   diberikan   dengan
menggunakan ventilator/respirator.
3.         Circulation (Perdarahan)
Tindakan   yang   dilakukan  untuk  mengembalikan  fungsi  sirkulasi   tubuh   yang  tadinya terhenti atau terganggu.
Tujuan : agar sirkulasi darah kembali berfungsi normal.
Gangguan sirkulasi ditandai dengan :
a. Tingkat kesadaran
Bila volume darah menurun, perfusi otak berkurang yang akan menyebabkan penurunan kesadaran, tetapi penderita yang sadar belum tentu normovolemik.
b. Warna kulit
Warna kulit dapat membantu diagnosis hipovolemi. Pasien tampak pucat, ekstremitas dingin, berkeringat dingin dan capillary refill time lebih dari 2 detik.

BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN

A.    PROFIL RUMAH SAKIT

Rumah sakit Prof. DR. Tabrani didirikan oleh bapak Prod. Dr. Tabrani Rab pada tahun 1978 dengan bentuk Chest Clinic. Peletakan batu pertama dilakukan  oleh gubernur Riau dan pada tahun 1980 diresmikan oleh Gubernur Riau bapak H.R Soebrantas. Dalam perkembangannya Chest Clinic ini berkembang menjadi Rumah Sakit Yayasan Abduurab yang dibina oleh Bapak Prof. Dr. Tabrani dan H. Soeman HS.
Visi rumah sakit Prof. DR. Tabrani adalah “Menjadi Rumah Sakit terbaik dan terdepan berasaskan Islam”.
Misi rumah sakit Prof. DR. Tabrani :
1.      Menerapkan nilai islam dalam seluruh pelayanan dan manajemn rumah sakit
2.      ,mewujudkan SDM yang berkualitas, prodesional dan amanah dengan mengutamakan keselamatan dan kepuasan pasien
3.      Menyelenggarakan pelayanan yang edukatif dalam rangka mewujudkan masyarakat sehat.
Pelayanan rawat jalan di Rumah Sakit Prof. DR. Tabrani meliputi : mata, THT, tulang anak, bedah syaraf, kulit dan kelamin, kebidanan dan kandungan, penyakit dalam, rehabilitasi medik, gigi dan paru. Untuk pelayanan rawat inap terdapat ruangan Syuhada dengan jumlah bed 9, ruangan Soraya dengan jumlah bed 12, ruangan Nadia dengan jumlah be 16 dan ruangan Mutis dengan jumlah bed 10. Rumah Sakit Prof.DR. Tabrani juga memiliki produk unggulan yaitu katering diabete dan poli lansia, dimana poli lansia adalah pelayanan one stop service yang berarti mulai dari pendaftaran hingga mendapatkan obat dilaksanakan satu paket disatu ruangan.
Berikut adalah jumlah dokter spesialis dan dokter umum di Rumah Sakit Prof. DR. Tabrani:

Spesialis
Jumlah Dokter
Umum
3
Penyakit Dalam
4
Kebidanan Dan Kandungan
2
Anak
1
Bedah
2
Orthopaedi
1
Paru
1
THT
1
Mata
2
Kulit Dan Kelamin
1
Rehabilitasi Medik
1
Gigi
2
Saraf
1
Bedah
1
Bedah Anak
1

 
B.     PEMBAHASAN
Triage merupakan pengelompokan korban yang berdasarkan atas berat dan ringannya trauma atau penyakitnya serta kecepatan penanganan / pemindahan. Pengelompokan dapat dibedakan dari penyebab kejadian, kejadian massal (Multiple Patient) Adalah kejadian atau timbulnya kedaruratan yang mengakibatkan lebih dari satu korban yang dikelola oleh lebih dari satu penolong bukan akibat bencana, kejadian bencana (Mass Cassuality Disaster) Adalah kedaruratan yang memerlukan penerapan sistem penanggulangan gawat Darurat terpadu dan bencana (SPGT dan SPGDB). (SOP Rumah Sakit Prof. Dr. Tabrani 2017). Jumlah dan kasus pasien yang datang ke unit gawat darurat tidak dapat di prediksikan karena kejadian kegawatan atau bencana dapat terjadi kapan saja, dimana saja serta menimpa siapa saja. Karena kondisinya yang tidak terjadwal dan bersifat mendadak serta tuntutan pelayanan yang cepat dan tepat maka diperlukan triage sebagai langkah awal penanganan pasien di unit gawat darurat dalam kondisi sehari-hari.
Triage juga diartikan sebagai suatu tindakan pengelompokkan penderita berdasarkan pada beratnya cidera yang diprioritaskan ada tidaknya pada gangguan airway (A), breathing (B), dan circulation (C) dengan mempertimbangkan sarana, sumber daya manusia, dan probalitas hidup penderita (Kartikawati N, 2012). Prinsip Triage harus dilakukan dengan segera dan singkat. Kemapuan untuk menilai dan merespon dengan cepat kemungkinan yang dapat menyelamatkan pasien dari kondisi sakit atau cidera yang mengancam nyawa dalam departemen gawat darurat.Triage in HospitalPada unit gawat darurat perawat bertanggung jawab dalam menentukan prioritas perawatan pada pasien. Ketakutan dan jumlah pasien, skill perawat, 5 ketersediaan peralatan dan sumber daya dapat menentukan seting prioritas.
Hal ini mungkin dipengaruhi oleh kurangnya pengalaman dan berfikiran jika pasien sudah kritis bukan tugas perawat yang harus menanganinya akan tetapi dokter yang harus menanganinya, oleh karena itu perawat tidak mengerti tentang pelabelan yang harus diberikan oleh perawat. Semua perawat diharapkan melaksanakan triage sesuai SOP Rumah Sakit terutama pada pemberian label atau warna karena itu merupakan proses awal dalam penentuan tingkat kegawat daruratan terhadap pasien, apabila perawat tidak bias melaksanakan triage sesuai tingkat kegawatannya maka tindakan keperawatan tidak akan terlaksana, dari proses menyeleksi, kemudian memberikan prioritas dan kemudian memberikan tindakan sesuai dengan kegawatannya. Pengambilan keputusan adalah bagian yang penting dan integral pada medis dan praktik keperawatan. Penilaian klinis tentang pasien membutuhkan baik pemikiran dan intuisi, dan keduanya harus didasarkan pada professional, pengetahuan dan keterampilan. Banyak praktisi berpendapat bahwa pengambilan keputusan kritis adalah hanya sekitar akal sehat dan pemecahan masalah, dan sampai batas tertentu mereka sudah benar. Itu, bagaimanapun, lebih dari ini dan membutuhkan tingkat keterampilan tertentu.
  
BAB IV
KESIMPULAM DAN SARAN

C.    KESIMPULAN
Berdasarkan rumusan dan tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan triage di IGD Rumah Sakit Prof. Dr. Tabrani, maka dapat disimpulkan sebagian besar perawat melaksanakan triage sesuai dengan SOP Rumah Sakit Prof. Dr. Tabrani.

D.    SARAN
1.   Bagi Rumah sakit
Diharapkan pihak rumah sakit lebih memperhatikan pegawai/perawat yang bekerja di IGD RUmah Sakit Prof.Dr. Tabrani. Perawat yang melaksanakan Triage berdasarkan SOP Rumah Sakit diharapkan lebih meningkatkan pelaksanaan triage lebih baik dapat meningkatkan kembali pengetahuan dan ketangkasan dalam memilih pasien yang harus diprioritaskan pelaksanaan Triage. Perawat yang tidak melaksanakan Triage berdasarkan SOP Rumah Sakit diharapkan dapat meningkatkan pelaksanaan triage dengan baik dan benar. 4. Bagi Institusi Peneliti menyarankan agar meningkatkan kerja sama dengan instansi kesehatan mengenai pelaksanaan triage.



Komentar

  1. Artikel yang sangat bagus sekali, bermanfaat dan menambah wawasan. Untuk keperluan pelayanan ada mesi yang sangat penting yaitu : klik di sini ...
    MESIN ANTRIAN
    Pabrik mesin antrian terraguno, handal dan terpercaya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DASAR K3 MANAJEMEN RESIKO PADA BURUH/KULI BANGUNAN OLEH RIZAL HUSFAUDIN

TUGAS UTS DASAR K3 MANAJEMEN RESIKO PADA BURUH/KULI BANGUNAN ( Di Desa Tasik Juang SP3 jalur 5 Kecamatan Lubuk Batu Jaya, INHU) Oleh: RIZAL HUSFAUDIN NIM : 1605023 Dosen : dr. Erna Tresnaningsih, MOH., PhD PEMINATAN ADMINISTRASI RUMAH SAKIT PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KESEHATAN MASYARAKAT SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKes) HANG TUAH PEKANBARU T.A 2017-2018 BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Pada awalnya manusia hanya memanfaatkan apa yang ada di alam sebagai sarana dan prasarana ataupun infrastruktur dalam kehidupannya. Seperti halnya memanfaatkan gua sebagai tempat tinggal. Kemudian memanfaatkan apa yang ada di alam sebagai bahan-bahan untuk membuat infrastruktur seperti halnya batu, tanah dan kayu. Kemudian setelah ditemukan bahan bahan tambang yang dapat digunakan untuk membuat alat atau benda yang menunjang sebuah bangunan seperti halnya bara...

MANAJEMEN RESIKO PETANI KARET K3 DASAR

TUGAS  UTS K3 DASAR MANAJEMEN RESIKO PADA PETANI KARET Oleh: GUSNI KHAIDIR NIM 1605026 Dosen: dr.  ERNA TRESNANINGSI ,  MOH., PhD PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KESEHATAN MASYARAKAT PEMINATAN ADMINISTRASI RUMAH SAKIT STIKes HANG TUAH PEKANBARU 2017 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Kesejahteraan merupakan tujuan dari seluruh keluarga. Kesejahteraan   diartikan sebagai kemampuan keluarga untuk memenuhi semua kebutuhan   untuk bisa hidup layak, sehat, dan produktif. Berdasarkan data BPS (2010),   masih terdapat sekitar 31 juta orang atau 13,3% penduduk yang tinggal di   bawah garis kemiskinan atau mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk   memenuhi semua kebutuhan pokoknya. Penduduk miskin ini sebagian besar   tinggal di wilayah perdesaan yang erat kaitannya dengan usaha   pertanian   Tingkat penghasilan/pendapatan seseorang akan berpengaruh besar   terhadap ketenangan atau ke...

REVIEW BUKU TEORI PENGEMBANGAN ORGANISASI

  REVIEW BUKU Oleh : GUSNI KHAIDIR 1605026 DOSEN : Dr. BUDI HARTONO PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KESEHATAN MASYARAKAT PEMINATAN ADMINISTRASI RUMAH SAKIT STIKES HANG TUAH PEKANBARU 2017 Judul Buku        : Teori Pengembangan Organisasi Penilus                : Prof. Dr. Sondang P. Siagian, MPA ISBN                   : 979-526-262-9 Editor                 : 1-cet. 7.--Jakarta : Bumi Aksara, 2012. Penerbit              : PT BUMI AKSARA Desain Cover     : Remaja Rosdakarya Layout Isi           : 270 hml. Tanggal Terbit   : Juli 2014. Har...